Stasiun Semarang Tawang

Description

Description

Stasiun Semarang Tawang (SMT) atau terkadang disebut juga Stasiun Tawang adalah stasiun kelas besar tipe A di Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +2 meter ini merupakan stasiun terbesar yang berada di Daerah Operasi IV Semarang sekaligus stasiun terbesar di Kota Semarang dan terbesar di Jawa Tengah bagian utara. Nama “Tawang” diambil dari nama kampung di dekat stasiun ini, yaitu Tawangsari.

Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873 jalur ini diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan berlanjut hingga Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta. Dulu, selain ada rel ke Stasiun Semarang Gudang, terdapat juga rel menuju Demak yang kini sudah tidak berguna lagi. Rencananya, jalur menuju ke Demak tersebut akan diaktifkan kembali. Di sisi utara stasiun ini, juga akan dibangun terminal peti kemas. Hal ini dilakukan guna mempermudah proses pengangkutan peti kemas menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Letak stasiun ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, kurang lebih 5 kilometer. Stasiun ini juga tidak jauh dari objek wisata Kota Lama dan Pasar Johar. Di depan stasiun ini terdapat kolam yang berguna untuk menampung air banjir di Kota Semarang bagian bawah yang sering disebut dengan sebutan polder.

Bangunan luar stasiun ini masih utuh menggunakan bangunan buatan Belanda dulu. Stasiun ini memiliki 6 jalur aktif dan 2 jalur buntu. Jalur 1 (paling selatan) berfungsi untuk persinggahan KA jarak jauh atau menengah yang menaikturunkan penumpang di stasiun ini; jalur 2 untuk persinggahan KA apabila di jalur 1 dan 3 ada KA yang berhenti; jalur 3 untuk kedatangan dan keberangkatan KA jarak jauh dan menengah yang berhenti di stasiun ini serta juga untuk parkir serta persiapan untuk keberangkatan KA Argo Muria, Argo Sindoro, Menoreh, dan Kamandaka; jalur 4 sebagai sepur lurus pertama untuk melintas langsungnya KA dari arah timur maupun barat; jalur 5 sebagai sepur lurus kedua khusus untuk kedatangan dan keberangkatan KA komuter; jalur 6 untuk persilangan KA; serta jalur 7 dan 8 (jalur buntu) digunakan sebagai parkir gerbong yang sedang tak terpakai dan tempat untuk pencucian KA.

Stasiun ini merupakan stasiun yang sangat sibuk karena semua kereta penumpang yang melintasi jalur utara, baik kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi harus berhenti di sini. Hanya KA Jayabaya dan angkutan barang selain parsel ONS yang tidak berhenti di stasiun ini.

Contact

Contact
  • Address Jl. Taman Tawang No.1, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50211
  • Phone (024) 3544544
  • Website kereta-api.co.id
  • Category Transportasi
  • Location Semarang

Aditional Information

Aditional Information

Location

Stasiun Semarang Tawang
Get directions

 

Contact

Stasiun Semarang Tawang
  • By
  • Address: Jl. Taman Tawang No.1, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50211
  • Phone: (024) 3544544
  • Email:
  • Website: kereta-api.co.id
[contact-form-7 id="2237" title="Shop Contact Form"]

Events

Stasiun Semarang Tawang
No Events Found.

Ratings

Stasiun Semarang Tawang

Total Ratings

0

0 Total

Javo Rating Notice

This is a sample content. you can add some notice or special comment for ratings. If you need to modify rating statements, please go to theme option and you can add or change.
Thank you.
  • Service
  • Location
  • Quality
  • Others

    Reviews

    Stasiun Semarang Tawang